Selasa, 01 Oktober 2013

MATERI DASAR PHP 

PHP (PHP : Hypertext Prepocessor) adalah sebuah bahasa scripting yang paling populer saat ini, berfungsi untuk membuat website dengan konten dinamis maupun aplikasi web lainnya.

Aturan penulisan

Sebagaimana umumnya bahasa pemrograman, PHP mempunyai aturan-aturan tertentu dalam penulisan script. Diantaranya sebagai berikut :

a. Program disimpan dengan ekstensi .php, .php3, .php4, atau .php5.
b. Semua script harus diapit oleh tanda :
    --
    --
    --
    -- <% dan %>
c. Setiap perintah harus diakhiri dengan tanda titik koma (;)

berbeda dengan banyak bahasa pemrograman web pada umumnya. skrip program PHP dapat langsung ditanamkan / disisipkan didalam HTML. Jika skrip PHP di temukan dalam sebuah dokumen web, PHP interpreter akan memproses skrip PHP dan hanya akan mengirim hasil berupa HTML ke browser client.

Dalam sebuah program, terdapat dua hal penting : command (perintah) dan values (nilai-nilai). Command memiliki tugas spesifik yang telah ditentukan. Sedangkan values adalah informasi yang berkaitan dengan tugas yang dilakukan oleh command.

contoh


     
            Program PHP Pertama saya
     
     
           
     


Dari contoh sebelumnya telah banyak menggunakan literal. Yaitu value yang telah diterapkan secara eksplisit didalam program pada sebuah command. Sebagai contoh baris program berikut :

echo "Hello World";

Pernyataan diatas melakukan command echo dan menggunakan value literal yang diberikan setelahnya, yaitu "Hello World!".



Tidak ada komentar: